Friday, April 17, 2009

menghitung kalori untuk mendapatkan berat badan idaman

Ini adalah cara simpel untuk mengetahui kebutuhan kalori kita per hari. Berguna buat yang mau diet, buat yang mau ngurusin ataupun naikin berat badan.

kebutuhan kalori sehari adalah:
Berat badan idaman x kebutuhan kalori perkg berat badan idaman
Berikut adalah tabel kebutuhan kalori per kg berat badan idaman
BB / aktivitas
ringan
sedang
berat
Gemuk
Normal
kurus
25
30
35
30
35
40
35
40
40-45

Contoh aktivitas:
ringan
sedang
berat
Pegawai kantor
Pegawai toko
Guru
Sopir
Sekretaris
Mahasiswa
Pegawai industri
Ibu rumah tangga
Pelaut
Buruh
Penari
atlit
Misalnya nih ya, berat badan saya termasuk kurus dan aktivitas sehari-hari saya kategori ringan. Berat badan idaman saya sekitar 51 kg (buat yang belum tahu cara menghitung berat badan idaman klik di sini ). liat di tabel, kebutuhan kalori per kg BBI untuk berat badan kurus dan aktivitas ringan adalah 25.
Jadi, kebutuhan kalori saya adalah 51 x 35 = 1785 kal sehari.
setelah kita mengetahui kebutuhan kalori, tinggal disesuaikan dengan menu makanan sehari-hari..
info sehat dan cantik lainnya di www.dokterelvira.com

8 comments:

  1. jadi setelah aku hitung kebutuhan kaloriku 1687.5, nah pertanyaannya makan apa dong aku bisanya :(

    kalo ada bakso lewat gmna >.<

    ReplyDelete
  2. Bu Dokter, saya seorang siswi IT yang mau membuat program penghitung kalori di perangkat mobile , saya mau bertanya tapi lewat apa ya ?

    terimakasih sebelumnya Dok ...

    ReplyDelete
  3. @ rachman: jika mau diet.. bisa dihitung dari kalori makanan yang dimakan sehari2..

    @hana: bisa hubungi lewat email vira83@gmail.com

    ReplyDelete
  4. @Rachman: coba aplikasi baru dari Twitter yaitu Tweet What You Eat (www.tweetwhatyoueat.com), web ini sangat membantu kita untuk mengontrol asupan kalori per hari sesuai kebutuhan tubuh masing-masing.

    ReplyDelete
  5. masak kebutuhan kaloriku 1960 kal/hari, padahal segelas susu(4sendok makan 40gr) aja udah 4250kal/gram = 170000kalori/40 gr atau 170kkal/gr
    jadi tidak mungkin kita sehari minum 1gram susu udah over kalori.

    ReplyDelete
  6. dan setahu saya yang saya baca di kemasan salah satu susu, dinyatakan bahwa kebutuhan kalori manusia adalah kurang lebih 2000 kkal/hari bukan 2000 kalori/ hari, sangat jauh berbeda.
    @suntea85@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. Saya mahasiswa, setelah di hitung kebutuhan kalori saya itu 2600kkal/hari, ada yang punya saran ga, saya harus makan apa biar kalorinya terpenuhi, tapi..... dengan biaya yang tidak mahal tentunya, maklum khidupan mahasiswa, hehehe FB : rian_h2@yahoo.com

    ReplyDelete

komentar pembaca: