Saturday, April 25, 2009

ekstraksi naegel



ekstraksi naegel merupakan tindakan pencabutan kuku.
tindakan ini dilakukan pada kasus seperti trauma kuku, paronikia dan tinea unguium.

persiapan alat dan instrumen sama seperti saat melakukan tindakan roser plasty.

teknik:
lakukan tindakan asepsis dan antisepsis pada kuku lalu tutup dengan doek steril.
lakukan anestesi blok pada pangkal jari yang terkena.
masukkan sonde pada bagian tengah kuku dan gunting kuku diatas sonde.
klem kedua kuku yang terpisah, masing-masing diputar ke pinggir hingga kuku terlepas.
kerok dasar kuku dengan wound curret bila ada jaringan nekrotil.
olesi salep atau betadin lalu tutup dengan kassa steril.
penderita diberi antibiotik profilaksis, analgetik dan roboransia.

8 comments:

  1. apakah kuku yg udh diekstraksi bs tumbuh lg?jangka waktunya brp lama?klo pda anak kecil gmn?

    ReplyDelete
  2. kuku yang dicabut atau copot bisa tumbuh lagi selama dasar kuku masih ada. Umumnya kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 mm tiap hari atau 3 mm setiap bulan. tetapi pertumbuhan kuku kaki 2 sampai 4 kali lebih lambat dari kuku tangan. untuk pergantian kuku tangan sekitar 3-6 bln.
    pertumbuhan kuku ini akan lebih cepat pada anak kecil..
    semoga infonya bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. thanks for your info

    ReplyDelete
  4. Ohh jadi ini dia namanya "ekstraksi naegel".
    Sebagai seorang yang pernah punya pengalaman kuku jempol tangan kanan di "ekstraksi". Tapi anestesinya sakitnya minta ampun, disuntik sampai pangkal.

    ReplyDelete
  5. 4hari yang lalu jari tengah saya terkena ujung besi hingga separo kuku saya tergerus mpe kedagingnya trus saya kerumahsakit kuku saya langsung diekstraksi tetapi sehari setelah itu kering seperti koreng yang berada diarea kuku tersebut yang saya tanyakan apakah pengorengan yang terjadi dapat tumbuh kuku seperti semula lagi dan apakah pertumbuhanya akan melambat karena terjadinya pengorengan yang saya derita tersebut?

    ReplyDelete
  6. Butuh berapa lama kassa steril itu dibuka ya?

    ReplyDelete
  7. Bagian suntiknya yang bikin ampun. Saya ganti perban ke RS tiap 3 hari sekali. Besok kontrol yang ke 3. Mudah-mudahan sudah kering.

    ReplyDelete
  8. Bagian suntiknya yang bikin ampun. Saya ganti perban ke RS tiap 3 hari sekali. Besok kontrol yang ke 3. Mudah-mudahan sudah kering.

    ReplyDelete

komentar pembaca: