Monday, March 3, 2008

alergi makanan dan cara mengatasinya

Sebagian dari kita ada yang alergi terhadap makanan tertentu. Ketika yang lain sedang enak-enaknya menyantap makanan seperti telur, makanan laut seperti ikat laut, udang, kerang, kepiting. Bagi mereka yang alergi terhadap makanan ini bisa menimbulkan reaksi seperti gatal2, kemerahan, bentol2, bahkan yang lebih parah lagi bisa syok atau pingsan.


Cara yang paling benar untuk mengatasi alergi makanan ini adalah menghindari faktor pencetusnya. Kita harus makanan apa saja yang membuat kita alergi berdasarkan pengalaman. Misal ketika kita makan udang, lalu mulai timbul gatal2,kemerahan dan bentol pada kulit maka untuk selanjutnya kita sebaiknya menghindari makanan tersebut untuk mencegah timbul reaksi alergi lagi.

Tapi namanya juga manusia, tentu pingin juga mencicip makanan seperti itu. Masa' makanan terhidang di meja, sementara yang lain enak2 aja menyantapnya, kita harus tutup mata. Ngiler, akhirnya ikutan juga. Tapi ya, musti nanggung resikonya.

Obat yang digunakan untuk mengatasi alergi adalah antihistamin. Antihistamin ada yang menimbulkan efek samping berupa mengantuk sehingga sebaiknya jangan diberikan pada orang yang mengendarai kendaraan atau akan melakukan aktivitas seperti bekerja di kantor atau ke sekolah. Beberapa antihistamin golongan ini adalah chlorfeniramin maleat/ CTM (spt alleron), diphenhidramin. Antihistamin yang lebih disukai adalah yang tidak menimbulkan efek samping mengantuk seperti loratadin, ceterizin.

Tapi penggunaan antihistamin ini adalah untuk mengatasi serangan saat alergi bukan untuk pencegahan ataupun pengobatan. Alergi tetap akan timbul kembali bila faktor pencetusnya tidak dihindari. So, kesimpulannya pengobatan terbaik untuk alergi makanan adalah menghindari makanan tersebut. Sulit? Emang..

10 comments:

  1. cara mengatasinya dengan menghindari makanan tsb???
    tapi menurut pengalaman, waktu alergi makan udang, dokter malah menganjurkan untuk makan lagi ato malah di biasakan untuk makan makanan yang bisa menyebabkan alergi. agar kekebalan tubuh terhadap zat yang mangakibatkan alergi bisa lebih kuat.

    ReplyDelete
  2. Help MEEEEeeeeeeeeeeeeeeeee...
    muka saya da kek monster ..
    bentol2 ga karuan kek gini...
    hwaaaaaaaaaaaaaaa.....

    ReplyDelete
  3. sama.........gue jg ia..
    law gue makan udang waduh kayak gajah mada...
    tapi bkn muke..yang kena malah daun telinga

    ReplyDelete
  4. salam kenal,

    sharing info :
    sdh ada alternatif tes dan terapi alergi dengan metode biofisika yang

    - nyaman , tidak sakit, tidak disuntik
    - bebas efek samping, tidak pakai bahan kimia / obat apapun
    - untuk semua umur
    - bisa untuk mengatasi alergi apa saja

    info lebih detil di www.bio-e.net

    ReplyDelete
  5. klo aku bukan hanya alergi sama makanan laut( Kepiting) tapi kadang sama cuaca juga. gmn cara mengatasinya???

    ReplyDelete
  6. saya baru menyadari saya alergi hidangan laut, soalnya alergi ini baru beberapa bulan yg lalu baru muncul gejala aneh, kepala pusing ky tekanan darah tinggi, dada sesak badan lemas. sampai cek darah ternyata semua normal. lalu baru sadar keluhan ini terjadi kalo abis makan udang dll

    ReplyDelete
  7. slruh tbuh q benjol2 gtal2
    duch sakit

    baru tw klo sy alerg tp gk tw alergi zma ap ??

    ReplyDelete
  8. kemungkinan gk klo penyebab bentol2 itu bisa karena biang keringat atau kecapean

    ReplyDelete
  9. kemungkinan gk klo penyebab bentol2 itu bisa karena biang keringat atau kecapean

    ReplyDelete
  10. Aku dh hampir 2 minggu gtl2,trs klo habis di garuk bagian tertentu seperti Tangan kaki badan pastix bentol2,nah yg mau saya tanyakan kalau memang itu karena alegi,apa kelak bentol2 nya akan hilang tanpa bekas ????

    ReplyDelete

komentar pembaca: