Tuesday, May 12, 2009

flu babi


Apa itu Flu Babi?

Flu babi adalah penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus H1N1 (masih dalam tahap penelitian). virus ini merupakan gabungan dari flu unggas, flu manusia dan flu babi. karena virus ini baru, belum ada bukti ilmiah tentang umur, asal dan tingkat ketahanan virus tersebut. Yang terpenting diketahui adalah virus ini mampu menyerang semua usia dan lokasi.


Bagaimana cara penularan flu babi?

penularan dapat terjadi dari manusia ke manusia melalui sekret dari mulut dan hidung seperti ketika batuk, bersin dan bicara. penularan dapat juga melaui kontak langsung seperti tangan. sangat menular, gejala dapat terlihat setelah 3 sampai 7 hari. risiko terinfeksi lebih tinggi bila berada di ruangan tertutup.

saat ini WHO sudah menaikkan status bahaya wabah flu babi ke tingkat 5 dalam skala pandemi, berarti sudah terjadi penularan dari manusia ke manusia dan sedikitnya pada dua negara dalam satu wilayah (benua). berarti hanya tinggal satu tingkat lagi menjelang tingkat terburuk yaitu ancaman pandemi global.


Bagaimana cara mengetahui gejala flu babi?

gejala flu babi dapat berupa:
> * Demam lebih dari 38 ° C.
> * Sering batuk.
> * Sakit kepala.
> * Kurang nafsu makan.
> * Hidung tersumbat/sengau
> * rasa yang tidak enak lainnya.


Bagaimana mendiagnosa flu babi?

seorang dokter melakukan pemeriksaan klinis secara rinci mengenai latar belakang dan pemeriksaan terhadap pasien-pasien lain, kontak pasien dg orang lain dan riwayat perjalanan pasien.

Diagnosis terhadap virus dengan mengisolasi virus melaui sekret dari hidung atau pangkal tenggorokan , selama 24-72 jam pertama timbulnya gejala awal penyakit, atau melalui pengecekan darah untuk mengidentifikasi antibodi.


apa komplikasi yang bisa ditimbulkan oleh flu babi?a

gambaran penyakit flu babi awalnya tidak terkenali karena mirip dengan gejala infeksi saluran pernafan akut dan flu biasa namun dapat menghasilkan komplikasi, terutama pernafasan (otitis, sinusitis, rhinitis, radang paru-paru, Bronchopneumonia, radang tenggorokan) , jantung atau bahkan kematian.


bagaimana cara mengobati penyakit flu babi?

Flu babi disebabkan oleh virus, dan belum ada obat yg manjur utk menuntaskannya, hanya ada obat yang berfungsi utk menghambat laju kegawatan penyakit, memperpendek dan mengurangi gejala-gejala jika masih terpantau dalam waktu 48 jam pertama rasa sakit. pasien bisa dirawat untuk menghindari kontak dengan orang lain.


Bagaimana cara mencegah penularan flu babi?

* Hindari kontak dengan orang-orang yang memiliki infeksi pernafasan flu babi.
* Jangan menyapa atau mencium tangannya.
* Jangan berbagi makanan, penggunaan cangkir, piring, atau peralatan makan lainnya.
* Berikan kebebasan sinar matahari memasuki ruang dalam rumah, kantor, dan ruang-ruang tertutup lainnya (utk membakar virus).
* Jaga ruang dapur, kamar mandi, handle pintu, railings/pagar tangga, mainananak-anak, telepon atau artikel-artikel/ majalah yg digunakan tetap dalam keadaan BERSIH.
* Jika terjadi demam mendadak, batuk-batuk, sakit kepala, sakit pada otot dan sendi, segera periksakan diri ke dokter atau unit kesehatan yg ada.
* Hangatkan badan dan hindari perubahan suhu mendadak (yg menyebabkan ketidakseimbangan tubuh sehingga menjadi flu).
* Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A dan C (wortel, pepaya, jambu biji, jeruk kepruk, jeruk, lemon dan nanas).
* Seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air.
* Hindari berkecimpung dalam lingkungan yg terkontaminasi virus tsb.
* Tidak merokok di tempat tertutup atau di dekat anak-anak, orang tua atau pasien.
* Ke dokter segera jika menemui/mengalami gejala-gejala.

Apa yang perlu dilakukan oleh pasien yang suspect flu babi?

> * Tinggallah di rumah, hindari berpergian ke pusat-pusat kerja, sekolah atau tempat di mana terdapat banyak orang (teater, bioskop, bar, bis, metro, klub malam, pesta, dll). untuk mencegah penularan virus terhadap orang lain.
> *
tutup hidung dan mulut saat bersindan bicara serta buanglah tisu ke tempat sampah atau toilet
> * Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung orang lain utk menghindari virus menyebar
> * Flu dapat dicegah melalui pemberian vaksin setiap tahun, sesuai dengan jenis virus yang beredar di dunia.
> * Hindari debu, asap dan zat lainnya yang dapat mengganggu pernafasan dan membuat anak-anak lebih rentan terhadap penyakit.
> * selalu cuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik
> * Jika setelah 24 jam tanpa gejala, Anda dapat bekerja normal kembali.


sumber: depkes meksiko diterjemahkan oleh noprizal erhan, Anggota Group Circulation Of QI for Health facebook.

1 comment:

  1. sebenarnya flu babi ini seberapa berbahaya sih? saya kok curiga ini di dramatisir seperti flu burung kemarin.

    ReplyDelete

komentar pembaca: